solusi anyang-anyangan

Anyang-anyangan atau disebut juga beser, jka di daerah saya. Ada yang belum tahu apa itu, anyang-anyangan? atau mungkin hanya berbeda istilah saja, ya? Anyang-anyangan adalah timbulnya perasaan ingin buang air kecil secara berlebih, namun air seni yang dikeluarkan hanya sedikit-sedikit. Pernah mengalaminya? Saya pernah.

Anyang-anyangan bukan sesuatu yang baru bagi saya. Karena kebiasaan menahan pipis saat merasa tanggung, ketika tengah mengerjakan sesuatu. Itu adalah kebiasaan buruk saya dulu, jangan ditiru, ya! Belum lagi kalau sedang khusuk di depan laptop, konsumsi air putih sering terlupakan, tergeser kedudukannya dengan kopi, sebagai pendamping kencan malam saya bersama laptop kesayangan. Ujung-ujungnya anyang-anyangan pun datang.

Menderita anyang-anyangan tentu saja sangat membuat tidak nyaman, sekaligus menghambat aktifitas kita. Bayangkan saja, jika dalam sekian menit sekali, harus keluar masuk toilet akibat desakan rasa ingin berkemih di tengah-tengah aktifitas kita, arrrgh … itu benar-benar merepotkan. Karena itu, saya lebih memilih untuk tidak beraktifitas di luar rumah, jika sedang anyang-anyangan, karena khawatir dengan resikonya, yang sudah bisa dibayangkan, betapa merepotkan dan bisa membuat malu.

Selain merepotkan, anyang-anyangan yang sekilas nampak sepele itu, ternyata jika tidak segera diatasi, dapat berkembang menjadi infeksi saluran kemih (ISK) dengan keluhan yang lebih parah dan menyiksa. Setelah melihat pengalaman kakak ipar dan adik, betapa tersiksanya mereka saat terjangkit infeksi saluran kemih, saya masih merasa beruntung karena anyang-anyangan yang pernah saya derita tidak pernah sampai berkembang menjadi infeksi saluran kemih.

Infeksi Saluran Kemih

gejala infeksi saluran kemih

Dari pengalaman kakak ipar dan adik, saya juga jadi tahu bagaimana rasanya saat seseorang terkena infeksi saluran kemih. Beberapa keluhan yang dirasakan umumnya seperti ini:

  • Ada rasa perih atau sakit buang air kecil
  • Air seni berbau menyengat dan lebih pekat
  • Bahkan air seni bisa sampai berdarah
  • Sakit pada panggul dan perut bawah, serta punggung
  • Badan terasa lemas
  • Bisa juga disertai demam.

Mengingat hal itu, alangkah lebih baiknya jika kita mencari informasi lebih banyak tentang anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih, sehingga saat teman-teman atau salah satu anggota keluarga teman-teman terkena anyang anyangan, sudah tahu apa yang sebaiknya dilakukan. Karena anyang-anyangan dapat menyerang siapa saja, baik laki-laki ataupun perempuan, orang dewasa juga anak-anak. Namun dari semua kalangan yang beresiko, memang wanitalah yang memiliki resiko lebih tinggi. Mengapa? karena secara anatomi, jarak saluran kemih dan saluran pembuangan air besar pasa wanita berdekatan, sehingga kemungkina masuknya bakteri dari saluran pembuangan ke saluran kemih menjadi lebih besar.

Lalu apa saja yang bisa menjadi penyebab anyang-anyangan itu?

Penyebab anyang-anyangan biasanya karena beberapa hal di bawah ini:

  1. Kebiasaan menahan kencing.
    Biasanya saat kita tengah sibuk beraktifitas, sinyal untuk buang air kecil diabaikan, sampai benar-benar sudah terasa mendesak, atau kebelet. Padahal hal ini dapat menjadi pemicu anyang-anyangan yang dapat berkembang menjadi infeksi saluran kemih.
  2. Pemakaian pakaian dalam yang kurang terjaga kebersihannya.
    Kebersihan pakaian dalam sangat penting peranannya dalam masalah kesehatan kewanitaan kita, karena itu biasakan uuntuk mengganti pakaian dalam secara rutin 2-3 kali sehari. Karena kebersihan pakaian dalam yang kurang baik, dapat memicu berkembang biaknya bakteri.
  3. Perawatan kebersihan organ intim yang kurang baik dan kurang tepat.
    Sangat penting untuk memperhatikan perawatan kebersihan organ intim setelah berkemih, buang air besar, atau berhubungan dengan pasangan, untuk menghindari berkembang dan masuknya bakteri ke saluran kemih. Pastikan arah membasuh area pribadi teman-teman sudah benar, yaitu dari arah depan ke belakang.
  4. Bakteri Escherichia coli atau E. Coli.
    Bakteri ini umumnya hidup di dalam usus besar dan sekitar (maaf) anus, karenanya jika cara membasuh tidak tepat, sangat memungkinkan menjadi jalan masuknya bakteri E.Coli ini ke saluran kemih.
  5. Kurang minum.
    Minumlah air putih secukupnya. Kurangnya konsumsi air putih dapat menyebabkan dehidrasi, saat dehidrasi tubuh akan memproduksi sedikit urin, maka akan semakin sulit berkemih, karena sedikitnya produksi urin. Dan anyang-anyangan pun siap mengintai anda
  6. Menopause
    Wanita yang sudah memasuki masa menopause juga rentang terkena anyang-anyangan, berkurangnya hormon estrogen juga menjadikan wanita yang telah memasuki masa menopause lebih mudah terkena infeksi saluran kemih.
  7. Diabetes
    Pada penderita diabetes mellitus biasanya akan lebih rentan mengalami anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih.
  8. Kehamilan
    Wanita yang sedang hamil tua, kandungannya akan menekan kantung kemih. Kantung kemih yang tertekan akan membuatnya merasa selalu ingin berkemih,walaupun urine yang ada di dalam kantong kemihnya sedikit.Itulah mengapa wanita yang sedang hamil tua akan mengalami anyang-anyangan.

Cara Mengatasi Anyang-anyangan

Ingat ya, jangan anggap sepele anyang-anyangan. Karena ini merupakan gejala awal infeksi saluran kemih, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan pada ginjal, dan resiko kelahiran prematur pada ibu hamil.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan, jika anyang-anyangan menyerang?

  1. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.  Karena hal ini juga sangat baik untuk mengatasi susah buang air kecil.
  2. Tidak menahan atau menunda-nunda lagi saat ingin berkemih.
  3. Menjaga dan merawat kebersihan pribadi dengan cara yang tepat. Mulai dari kebersihan area pribadi, pakaian dalam, juga toilet yang kita pakai.
  4. Konsumsi suplemen Prive Uri-Cran sesuai dengan dosis yang disarankan. Prive Uri-Cran terbuat dari ekstrak buah cranberry, lengkap dengan Vit C, lactobacillus achidopillus, dan bifidobacterium bifidum, yang sangat efektif untuk mengatasi dan mencegah anyang-anyangan.
  5. Jika keluhan masih berlanjut, cobalah konsultasikan dengan dokter. Untuk melihat kemungkinan apakah ada penyakit lain yang diderita.

Mengapa saya merekomendasikan Prive Uri-Cran sebelum berkonsultasi ke dokter?

cranberry
Seperti sudah saya sebutkan sebelumnya, bahwa Prive Uri-Cran adalah suplemen alami yang terbuat dari ekstrak buah cranberry. Dimana khasiat buah cranberry yang kaya serat, mineral, vitamin C yang tinggi, dipercaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan, juga untuk mencegah penyakit kanker dan jantung.

Kandungan antioksidan proanthocyanidin pada buah cranberry juga sangat efektif untuk mencegah dan mengusir bakteri E.Coli penyebab anyang-anyangan dan penyebab sakit saat buang air kecil. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis yang hasilnya menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing, dan sudah disetujui oleh lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA.

Begitu hebatnya khasiat buah cranberry, sangat disayangkan jika kita tidak turut menikmati manfaatnya. Walaupun sulit untuk mendapatkan buah ini di negara kita, tapi bukan berarti kita tidak dapat merasakan khasiatnya, karena Combiphar sebagai perusahaan produsen obat-obatan yang terpercaya di Indonesia, telah menyediakan manfaat hebat buah cranberry ini bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam kemasan Prive Uni-Cran.

Prive Uni-Cran tersedia dalam dua pilihan, yaitu kapsul dan serbuk, yang dapat dicampur dengan air. Prive Uri-cran kapsul, memiliki kandungan 250 mg ekstrak buah cranberry per kapsul, dengan aturan minum 1-2 kapsul per hari. Dan untuk Prive Uri-Cran serbuk, mengandung 375 mg ekstrak cranberry dalam setiap sachetnya. Dengan dosis yang dianjurkan1-2 sachet per hari.

Prive Uri-Cran serbuk dan kapsul
Prive Uri-Cran bisa anda dapatkan di Guardian, Century, Watson, Kimia Farma, dan apotik-apotik lainnya di kota anda, dengan kisaran harga Rp. 94.000,- sampai Rp. 121.000,-.

Setelah mengetahui khasiat besar dibalik buah cranberry yang imut, pastikan mulai hari ini Prive Uri-Cran selalu tersedia di rumah teman-teman. Ambil manfaat cranberry dengan rutin mengkonsumsi Prive Uri-Cran setiap hari. Karena selain khasiatnya yang luar biasa, Prive Uni-Cran juga memiliki rasa yang enak, dan segar. Bikin ketagihan ….

Ini ceritaku tentang Prive Uri-Cran musuh anyang-anyangan. Apa ceritamu? Yuk, share di kolom komentar!

 

6 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply