Jalani New Normal dengan Kewaspadaan Maksimal

new normal bersama halodoc

Menjalani era new normal artinya menerapkan serangkaian kebiasaan baru dalam aktivitas sehari-hari kita, sebagai bentuk ikhtiar untuk melindungi diri dan keluarga, juga upaya mengendalikan/ mengurangi penyebaran covid 19 agar tidak semakin berkembang luas.

Kehidupan harus terus berjalan, sedangkan virus ini tak juga menunjukkan pertanda mau hengkang. Maka penerapan protokol kesehatan secara disiplin dalam aktivitas keseharian menjadi wajib untuk diterapkan. Setelah sekitar tiga bulan kita menjalani penyesuaian dengan kebiasaan baru akibat pandemi, semestinya bukan hal yang sulit lagi saat ini untuk tetap melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.

Disiplin Menerapkan Pola Hidup Sehat Dalam Keluarga

pola hidup new normal
Sumber: Pexels

Sebagai upaya pertama, tentunya kita perlu menjaga pertahanan dari dalam terlebih dahulu agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Lakukan langkah ini untuk menjaga daya tahan tubuh kita dan keluarga:

  1. Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat
    Penuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi yang lengkap, agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Bijak dalam memilih menu makanan, agar tidak sekedar enak yang menjadi tujuan, tapi lebih memperhatikan manfaat dan mudharatnya bagi tubuh kita. Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri bagi para ratu rumah tangga untuk terus menggali potensi dan meningkatka skill olah menu di dapur, agar dapat menghidangkan makanan yang sehat dan lezat bagi keluarga tercinta.
  2. Cukup Istirahat
    Kebutuhan akan istirahat yang cukup ini sama pentingnya dengan kebutuhan akan nutrisi yang cukup. Saat tidur adalah masanya bagi tubuh untuk memperbaiki otot, organ, dan sel yang rusak. Tidur merupakan masa pemulihan bagi tubuh.
  3. Hindari Stress
    Dampak pandemi pada berbagai aspek kehidupan perlu disikapi dengan bijak. Menyimak perkembangan situasi pandemi saat ini memang perlu agar kita dapat meningkatkan kewaspadaan dan melakukan antisipasi dari berbagai kemungkinan yang tidak diharapkan. Namun jangan sampai cemas berlebihan, karena hal ini justru rentan mengganggu kesehatan mental yang dapat berdampak buruk pada daya tahan tubuh kita.

    Saling berbagi cerita dan semangat dengan keluarga serta orang-orang terdekat, diyakini mampu memberikan dampak positif pada kesehatan mental kita. Di luar itu semua, mendekatkan diri dan berserah setelah ikhtiar dengan meyakini bahwa setiap ketetapan-Nya adalah yang terbaik, Insyaallah merupakan cara ampuh untuk senantiasa melahirkan ketenangn jiwa dan terhindar dari stress.

  4. Olahraga
    Aktivitas olahraga bukan saja memberi dampak positif pada kesehatan fisik dengan menjadikan tubuh lebih bugar, namun berolahraga pun dapat memperbaiki mood yang buruk, hingga mengurangi stress. Jadi tak ada alasan bagi kita untuk tidak berolahraga meskipun di rumah saja. Ada beragam jenis olahraga yang bisa kita lakukan tanpa harus keluar rumah atau cukup dilakukan di sekitar rumah saja.

Protokol Kesehatan New Normal Saat Beraktivitas di Luar Rumah

protokol kesehatan pandemi
Sumber: Pexels

Penerapan pola hidup sehat dalam keluarga saja belum cukup, terutama saat kita harus beraktivitas di luar rumah. Sederet protokol kesehatan lainnya perlu kita terapkan sebagai bagian dari new normal habits. Apa sajakah itu?

  1. Rajin Mencuci Tangan dan Hindari Menyentuh Area Wajah
    Meskipun terlihat bersih, namun kita tidak pernah tahu apakah benda-benda yang telah kita sentuh steril dari berbagai virus, kuman, dan bakteri? Maka sebaiknya cucilah tangan terlebih dahulu sebelum makan atau menyentuh area wajah. Membawa hand sanitizer kemana pun kita pergi adalah solusi dalam upaya menjaga kebersihan tangan kapan dan dimana saja diperlukan.
  2. Hindari Kontak Fisik
    Jika selama ini berjabat tangan sudah menjadi standar global bentuk sapaan pada sebuah pertemuan, maka kini sebaiknya dihindari. Ada banyak cara sapaan dan menunjukan keramahan selain berjabat tangan apalagi cipika cipiki. Karena kontak fisik rentan menjadi cara penularan covid 19.
  3. Gunakan Masker/ Face Shield
    Kita tidak akan benar-benar tahu kondisi kesehatan orang-orang di sekitar kita, bahkan mungkin kondisi diri kita sendiri. Selain ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan), kita tahu ada juga OTG (Orang Tanpa Gejala), dan ini yang lebih berbahaya karena rentan melalaikan kewaspadaan kita. Maka penggunaan masker/ face shield saat berada di luar rumah adalah cara bijak untuk melindungi diri sendiri, maupun orang-orang di sekitar kita.
  4. Jaga Jarak
    Menjaga jarak antara satu orang dengan yang lainnya merupakan cara mengurangi resiko penularan saat berkomunikasi. Jadi jika biasanya kita berkomunikasi dalam jarak yang cukup dekat, kini sebaiknya kita bisa menahan diri untuk tetap saling menjaga jarak. Tenang saja, toh cuma fisik yang berjarak, hatinya kan tetap saling terikat. Eaaa
  5. Hindari Kerumunan
    Kerumunan orang sudah tentu menjadi area yang sulit bagi kita untuk dapat menerapkan jarak aman. Selain itu kerumunan juga akan meyulitkan upaya petugas untuk melakukan penelusuran seandainya salah seorang di antara kerumunan tersebut ada yang positif terjangkit covid 19, sehingga penyebaran bisa semakin tak terkendali.
  6. Bersihkan Diri Sebelum Berkumpul dengan Keluarga
    Setelah beraktivitas di luar rumah, semprotkan desinfektan pada pakaian dan peralatan yang kita gunakan selama beraktivitas di luar. Pastikan untuk segera mandi dan mengganti pakaian sebelum bercengkerama dengan keluarga.

Tindakan yang Perlu Dilakukan Saat Timbul Gejala Sakit Dalam Era New Normal

Meski upaya penerapan pola hidup sehat telah kita lakukan, namun bukan berarti 100% akan terbebas dari sakit, bukan? Banyak faktor lainnya yang turut mempengaruhi kondisi kesehatan kita, seperti kondisi perubahan cuaca misalnya.

Covid 19 adalah penyakit dengan gejala umum  demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan dan sesak napas. Beberapa gejalanya memang mirip seperti flu biasa. Oleh karena itu, jika tubuh mulai merasakan gejala-gejala tersebut, di masa pandemi ini sebaiknya mendapat perhatian lebih serius.

  • Berikan tubuh waktu istirahat.
  • Kenakan masker untuk mengurangi resiko penularan pada anggota keluarga yang lain.
  • Jangan menggunakan peralatan makan dan peralatan pribadi bersamaan.
  • Jaga jarak dengan anggota keluarga yang lain.
  • Cukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi seimbang.
  • Konsultasikan kepada dokter.
    Rumah sakit dan klinik menjadi tempat yang semakin horor untuk dikunjungi selama pandemi, tentu saja karena penularan berbagai penyakit termasuk covid 19 sangat rentan di sana. Menunggu giliran dalam antrian bisa menjadi suasana yang sangat menegangkan. Untungnya berkat teknologi, kini masalah seperti itu tidak perlu menghantui lagi. Lahirnya platform konsultasi dokter online seperti halodoc dot com bisa membuat kita menarik nafas lega.

Halodoc, Konsultasi Kesehatan Hingga Informasi Rapid Test Dalam Satu Genggaman

Halodoc adalah sebuah aplikasi yang menawarkan kemudahan akses layanan kesehatan bagi masyarakat. Halodoc telah terintegrasi dengan dokter, rumah sakit, apotek, laboratorium, dan asuransi untuk memberikan jaminan kepuasan bagi masyarakat.

Sumber: pexels

Layanan Apa saja yang Tersedia di Halodoc Dot Com?

  1. Konsultasi Daring dengan Dokter Pilihan
    Saat mengalami keluhan kesehatan, kita dapat berkonsultasi langsung dengan dokter secara daring untuk mendapatkan informasi mengenai kesehatan kita, juga arahan lebih lanjut mengenai apa yang harus dilakukan agar kesehatan kita dapat segera pulih kembali.
  2. Membuat Janji Temu dengan Dokter
    Untuk melakukan pemeriksaan secara langsung, kita bisa membuat janji terlebih dahulu dengan dokter yang dituju, sehingga tidak perlu lagi menghabiskan waktu dalam ketegangan karena harus antre menunggu panggilan di era new normal ini.
  3. Layanan Antar Untuk Pembelian Obat dan Kebutuhan Medis
    Saat membeli obat dan kebutuhan medis lainnya melalui apikasi halodoc, maka akan diarahkan ke apotek mitra halodoc terdekat dari lokasi kita. Untuk pengiriman halodoc telah bekerjasama dengan Gojek, sehingga pembayaran pun dapat dilakukan dengan gopay.

    Pastikan obat-obatan yang kita beli untuk konsumsi atas rekomendasi dokter, yang tentunya akan disesuaikan dengan keluhan dan kebutuhan kita. Hindari konsumsi obat secara sembarangan tanpa pemahaman yang benar karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

  4. Pemeriksaan Laboratorium dari Rumah
    Melalukan pemeriksaan laboratorium yang kita butuhkan saat ini tidak perlu antri lagi. Dengan menggunakan aplikasi halodoc, staf laboratorium mitra akan datang langsung ke rumah sesuai waktu yang telah ditentukan. Hasil laboratorium bisa diterima langsung melalui aplikasi, dan didiskusikan langsung dengan dokter di halodoc.
  5. Mendapatkan Benefit Asuransi Kepercayaan Anda
    Saat ini Halodoc sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan asuransi seperti AXA Mandiri, Cigna, Allianz, FWD, Medicilin, Bumiputra, Intiland, Ultrasakti, dan lainnya, sehingga benefit perlindungan kesehatan anda bisa didapatkan.
  6. Mengakses Informasi Layanan Rapid Test
    Meski pemerintah dan relawan telah memfasilitasi rapid test gratis secara massal, namun tentu tidak semua orang sempat mengikutinya karena berbagai kendala dan pertimbangan. Oleh karena itu rapid test secara mandiri bisa menjadi pilihan saat kita membutuhkan kepastian mengenai kondisi kesehatan, terkait pandemi saat ini.

    Untuk masyarakat yang berdomisili di Jakarta informasi covid test Jakartabisa diakses melalui aplikasi halodoc, dan kita bisa memilih layanan, tempat, waktu, serta harga yang paling sesuai untuk kita. Registrasi dilakukan langsung melalui aplikasi, sehingga sangat memudahkan selain efisiensi waktu untuk mendapatkan layanan terbaik sesuai kebutuhan.

Semoga kita beserta keluarga senantiasa dalam kondisi kesehatan terbaik, dan pandemi ini segera berlalu. Aamiin.

18
Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Dian Restu Agustina
Guest

nformasi penting ini…Pengin update seputar covid test Jakarta ternyata bisa akses aplikasi halodoc saja. Juga memilih layanan, tempat, waktu, serta harga yang paling sesuai untuk kita. Keren Halodoc, biasanya aku cuma beli obat dan konsul dokter di sini

Okti Li
Guest

Bagaimana dengan masyarakat di luar Jakarta-? Halodoc ada rekomendasi informasi kah?
Karena justru masyarakat awam di daerah nih yg perlu edukasi banyak dan maksimal terkait covid-19 ini

Susindra
Guest

Iya, malah was-was rasanya. Apalagi jumlah positif masih tinggi dan masih bertambah terus. Beberapa wilayah malah meledak.

Indah Juli
Guest
Indah Juli

Ku sudah download aplikasi Halodoc ini, tapi belum coba untuk rapid testnya karena aku tinggal di Yogyakarta, sementara testnya baru untuk area Jabodetabek ya. Semoga testnya segera menjangkau daerah lainnya.

gemaulani
Guest

Hiks lama banget virusnya buat hengkang ya mba. Padahal pengen banget si virus ini segera pergi dan aktivitaa back to normal (maksudnya gak ada kekhawatiran tertular maupun menularkan).
.
Makasih tuk tips menjaga imun tubuhnya dana informasi sepitar halodoc yang ternyata lengkap ya. Bisa konsultasi masalah kesehatan dan bikin janji ketemuan.

Sumiyati Sapriasih
Guest

Dengan adanya aplikasi halodoc dapat membantu kita semua tentang kesehatan, sehingga di saat pandemi covid-19 kita lebih muda untuk bisa rapid test hanya dengan klik aplikasi halodoc

Uli
Guest
Uli

New normal memang membuat kita jadi lebih disiplin, aplikasi halodoc juga ngebantu temanku pas mau swab beberapa waktu lalu

gina
Guest

tul bgt mbak, mau gak mau qt hrs jalanin . Tinggal gimana qt baiknya, tetap harus waspada. But show must go on (gina)

Meilia Wuryantati
Guest
Meilia Wuryantati

Setuju banget mba, New Normal tetap dengan kewaspadaan. Memakai masker, cuci tangan..jika tdk penting banget jangan keluar rumah. Sekarang mudah yah ada aplikasi halodoc. Bisa janji dengan dokter. Konsultasi dan membeli obat. Praktis deh ga perlu keluar rumah. Apalagi bisa mengetahui informasi tentang covid test. Jelas banget yah

Fida
Guest

Kalau kami walaupun udah pake masker.. tetap pake face shield lagi mbak. Double safety gt.

Btw.. halodoc jadi solusi yaa

Ida Raihan
Guest

Keren ya halodoc, dah tanggap aja dengan kondisi saat ini, dan memberikan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat.

Semoga pandemic ini segera berlalu sehingga kehidupan bisa kembali normal.

Tanti Amelia
Guest

Temenku pake halodoc pas dia panik, kenapa demam tinggi sampe berhari hari, batuk dan lemes… lah mau ke RS kan takut yaaa, untung dia keingetan punya aplikasi halodoc, akhirnya janjian dan swab test,

alhamdulillaaah dia hanya gara gara batuk dan kecapekan, thanks to aplikasi halodoc

Sugi Siswiyanti
Guest

Meski sudah paham denga protokol kesehatan new normal, saya tetap memilih lebih banyak diam di rumah. Hanya keluar rumah untuk urusan yg sangat penting.

naqiyyah syam
Guest

aku juga nih tetap waspada keluar rumah, apalagi udah sering ngirim paket jualan masker tapis jadinya aku emang perlu sering pakai masker dan cuci tangan

Ilman Nafian
Guest

Kewaspadaan harus dijaga, agar pandemi ini segera berakhir.

You May Also Like
jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah
Read More

Memetik Hikmah dari Sejarah

'Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah', karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu mengambil hikmah dari sejarah masa lalunya, menjadikannya sebagai inspirasi untuk menentukan sikap dan langkah yang lebih baik untuk hari ini serta masa depannya.