Menelisik Kelahiran Internet

menelisik kelahiran internet

Di era teknologi ini siapa sih yang tidak kenal internet? Hampir semua orang, tua dan muda sudah pernah mengaksesnya. Internet sepertinya sudah menjadi bagian penting dari aktifitas sehari-hari. Ya, tentu saja karena dengan internet banyak pekerjaan maupun aktifitas kita menjadi lebih mudah.

Berbagai kemudahan sebagai manfaat dari internet sangat kita nikmati. Informasi terbaru dari seluruh dunia dapat disimak hanya melalui monitor gawai saja. Begitu pun dengan komunikasi, kini jarak tidak lagi menjadi hambatan untuk sering berkomunikasi kapan pun kita mau. Menjaring pertemanan, atau relasi bisnis serta target market yang lebih luas bagi para pengusaha pun menjadi lebih mudah. Aneka hiburan maupun ilmu pengetahuan tersedia, tinggal pilih mana yang kita suka. Dan masih sangat panjang serangkaian manfaat dari internet untuk kehidupan kita.

networking

Tersedianya teknologi internet akan sangat efektif jika disinergikan dengan kemampuan kita dalam bidang teknik informatika. Tentu saja untuk dapat memiliki kemampuan yang mumpuni kita perlu mempelajarinya secara khusus, misal dengan mengikuti salah satu paket kursus Dumet School.

Ada beberapa program yang ditawarkan untuk anda, yaitu program web master, graphic design, digital marketing, web programming, dan web design. Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan passion anda. Jika masih bingung untuk menentukan paket kursus yang akan diikuti, Dumet juga membuka layanan konsultasi untuk membantu anda membuat keputusan.

Berbicara tentang teknologi internet sudah tahukah teman-teman, siapa sosok dibalik kelahiran internet ini? Yuk ah, kita kenalan dulu!

leonard kleinrock,

Adalah Eyang Leonard Kleinrock, saya panggil Eyang, secara beliau memang terlahir di masa generasi eyang-eyang, yaitu tahun 1934. Sok akrab dikit nggak apa-apalah. Beliau adalah seorang Insinyur juga ilmuwan dari negeri Paman Sam.

Pada tahun 1959 dan 1961, Eyang Kleinrock membuat makalah tentang kemungkinan pertukaran paket data antar perangkat komputer melalui sebuah jaringan besar yang bersifat global. Dan ini yang menjadi ide awal lahirnya teknologi internet.

Leonard Kleinrock akhirnya berhasil memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket yang terpisah (paket switching) yang dikenal dengan proyek ARPANET (Advance Research Project Agency Network) pada tahun 1969.

arpanet

Percobaan pertamanya adalah mengirimkan sebuah transmisi dari UCLA ke Stanford Research Institute yang juga merupakan tempat pengembangan program Arpanet. Hal ini dilakukan oleh seorang mahasiswa bernama Charley Kline, di bawah bimbingan Leonard Kleinrock.

Rencananya mengirimkan transmisi sebuah kata, yaitu LOGIN, namun masalah jaringan timbul ketika baru huruf L dan O yang diketikkan , sehingga hanya huruf L dan O saja yang muncul di layar di Standford Research Institute. Walaupun belum sempurna namun keberhasilan transmisi jarak jauh melalui jaringan komputer untuk pertama kalinya di dunia ini membuat beliau dan tim proyek ARPANET bahagia.

Berangkat dari keberhasilan itu, pengembangan Arpanet pun semakin dimaksimalkan. Pemerintah pun memberikan respon yang luar biasa melalui sebuah program besar yaitu National Center for Supercomputing Applications (NCSA). Beliau kemudian menjadi ketua kelompok Jaringan Penelitian Nasional yang memberikan laporan Toward a National Research Network pada kongres nasional Amerika Serikat pada tahun 1988.

Kemudian laporan tersebut digunakan untuk pengembangan The High Performance Computing Act of 1991 yang memiliki pengaruh sangat kuat atas perkembangan internet hingga saat ini.

Beberapa penghargaan besar diberikan pada Leonard Kleinrock untuk dedikasinya pada dunia internet. Diantaranya penghargaan yang diberikan mantan Presiden AS George W. Bush di Gedung Putih, yaitu National of Science, pada tahun 2008.

Leonard Kleinrock di Gedung Putih

Setelah menyimak kisah Eyang Leo dan internetnya, pelajaran yang bisa kita ambil adalah... "Semuanya berawal dari mimpi, diikat dengan keyakinan, dibungkus usaha yang gigih, maka impian akan menjadi nyata. Eh jangan lupa do'a, karena segigih apapun usaha kita, tanpa ijin Sang Pemilik Kehidupan semuanya akan sia-sia."

dumet blog competition

 

8 replies
  1. helena
    helena says:

    Thank you Eyang Kleinrock! kerja keras dalam mewujudkan mimpinya sangat membantu kelancaran komunikasi sekarang ini.
    Btw akhirnya bisa komen lewat PC. Kalau dari hp tombol post comment-nya bisa di-scroll.

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply