resolusi 2019 menata harapan

Tak terasa sudah lebih setengah perjalanan di bulan Januari terlewati. Tapi masih sah kok berbicara tentang resolusi, begitu pula yang akan saya tulis di sini. Yesss, bersama teman-teman Bandung Hijab Blogger kami berkolaborasi untuk menulis tema resolusi 2019. Meskipun ini adalah pertama kali buat saya membuat yang serupa ini.

Whaaat? Yes, begitulah. Dan… karenanya saya gabung bersama BHB, untuk membuat sebuah resolusi yang diharapkan dapat menjadi pelecut diri.

Hingga usia saya sekarang ini, yang jelas sudah tidak muda lagi, ada satu kebiasaan orang-orang sukses yang ingin saya ikuti, namun nyatanya saya masih kepayahan dalam hal konsistensi. Apakah itu? Menuliskan cita-cita, keinginan, atau impian. Karena kebiasaan saya selama ini hanya menuliskannya dalam pikiran dan hati saja.

Hanya sesimple itu? iya, mulai dengan yang simple saja, karena bukankah sebuah perubahan besar berawal dari perubahan kecil dahulu?

Saya akan menuliskan satu per satu keinginan yang ingin saya capai secara berurutan, idealnya di setiap pergantian bulan. Namun, pastinya di saat target pencapaian sebelumnya sudah mulai tercapai. Dan asal kamu tahu, ini semuanya berkaitan dengan pembentukan habit baru yang saya inginkan. Tentu saja, karena sebuah kebiasaan baik akan turut menghantarkan kita pada kesuksesan.

Kenapa tidak semua target langsung saya tuliskan? Alasannya, supaya diri tak merasa terlalu terbebani dan jadi lebih semangat. Karena satu target pencapaian akan terasa lebih mudah untuk diraih, dan saat kita berhasil meraih target yang satu tentu akan membuat kita lebih semangat untuk mencapai target berikutnya. Dibanding dengan menargetkan semua dicapai dalam waktu yang sama.

Begitu seorang coach berkata, dan saya rasa itu benar adanya, dan mungkin menjadi strategi yang cukup tepat buat saya. Bukankah jika dalam satu bulan berhasil tercapai satu target, maka dalam satu tahun akan tercapai 12 target? atau kendor-kendornya ya… mungkin 10 target laaah.

Jadi, karena ini masih bulan Januari, maka resolusi saya akan diawali dengan membiasakan mencatat impian, untuk kemudian divisualisaikan, agar menjadi booster untuk terus diupayakan. Tentunya hanya dengan izin Allah saja, jika pada akhirnya dapat terealisasikan.

Dan, karena Allah Maha Melihat upaya hambaNya, tentulah impian itu akan Allah kabulkan jika baik adanya. Karena segala sesuatu yang baik menurut kita belum tentu baik. Namun hanya kebaikan yang Allah tetapkan saja yang sudah tentu membawa kebaikan.

Ini cerita saya tentang sebuah resolusi sederhana di 2019. Apa resolusimu?

bhb-collab

47 replies
  1. Anisa Firdausi
    Anisa Firdausi says:

    Aku juga ngerasain hal yg sama. Makin banyak tuntutan pd diri sendiri malah makin malas untuk menggapainya. Nuhun sharingnya teh.

    Reply
  2. Megha Rachma
    Megha Rachma says:

    Bener yah teh kayaknya setiap resolusi itu baiknya dicatat dibikin mind map progressnya gimana biar kitanya gak pura2 amnesia.

    Reply
  3. Dewi Apriliana
    Dewi Apriliana says:

    saya tipenya juga tidak menuliskan secara jelas dan detail apa mimpi dan harapan. Ternyata perlu juga ya menuliskannya dengan jelas

    Reply
  4. Nonz Ati
    Nonz Ati says:

    Betul Teh, tulisan seperti juga ucapan yang diibaratkan dengan doa. Mimpi, harapan, dan cita-cita yang kita tuliskan dengan niat untuk meraihnya dengan kerja keras, inshaa Allah akan tercapai.

    Aiiiihh, jadi makin semangat tuliskan mimpi deeehh, ada temen ^-^

    Reply
    • Ane Fariz
      Ane Fariz says:

      Iya Teh, biar ga mudah menguap dan kitanya amnesia kata Teh Mega mah 😀

  5. Damar Aisyah
    Damar Aisyah says:

    Tahun ini aku nggak buat resolusi. Bukan apa-apa, karena resolusi 2018 juga belum beres, jadi rencananya mau beresin dulu saja satu per satu. Minimal aku ingin hidup yang lebih produktif tapi tetap dalam kontrol tenang dan bahagia. Sehingga nggak grusa-grusus atau malah ambisius. Semoga rencana2 kita diijabah_nya ya, Teh. Amiin

    Reply
  6. Steffi Budi Fauziah
    Steffi Budi Fauziah says:

    Aamiin semoga apa yang diinginkan Allah mudahkan segala urusannya. Saya resolusi tahun ini banyak tapi yang terpenting niat, ikhtiar dan doa hehe. Jadi getolin aja disana semua, insyaallah Allah mudahkan untuk mencapainya satu per satu, Aamiin.

    Reply
  7. Sintha novia putri
    Sintha novia putri says:

    Bener banget nih teh, aku juga sering ngalamin karena terlalu banyak mimpi dan target ujungnya ga fokus dan ga mulai-mulai. Makasih banget nih teh sharingnya bermanfaat sekali hihi

    Reply
  8. hani
    hani says:

    Tahun ini engga bikin resolusi sih. Tapi ide sebulan 1 target boleh juga tuh ditiru.
    Tadinya saya rencana seminggu 3X update blog. Haha…skrng udah mau akhir Januari deh…Ke laut…

    Reply
  9. Qoty Intan Zulnida
    Qoty Intan Zulnida says:

    saya juga belum bikin resolusi tahun ini, meski sebenarnya ada target dan udah kebayang di pikiran. tapi, mau menuliskannya kok berat. harusnya dituliskan yaa untuk kemudian divisualisasikan…

    Reply
  10. Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina says:

    Mbak, idenya keren nih..ditulis detilnya jadi terkonsep dan juga menghindari lupa…
    Semoga tercapai reolusinya ya
    Dan setuju sekali hanya kebaikan yang Allah tetapkan yang sudah pasti akan membawa kebaikan.

    Reply
  11. Haeriah
    Haeriah says:

    Semoga sukses dengan resolusinya, ya, Mba. Kemarin saya udah bikin resolusi juga. Semoga dimudahkan dan bisa menjalankan resolusi tersebut.

    Reply
  12. Tatiek Purwanti
    Tatiek Purwanti says:

    Wah, saya pun belum nulis resolusi secara detail, lho. Ada resolusi 2018 yg belum kesampaian pula.
    Setuju dg tulisan Mbak Ane ini dan belajar dari tahun lalu: slowly but sure. Harus bertahap yg penting dicatat. Selesai satu trus ngerjain yg lain.
    Makasih sudah mengingatkan untuk bersemangat dengan cara yg mudah ya :)

    Reply
  13. Eni Rahayu
    Eni Rahayu says:

    Semoga tercapai ya mbak resolusinya, saya juga sudah menuliskan resolusi saya di Bangga Menjadi Blogger, mampir yuk di bundadzakiyyah[dot]com

    Reply
  14. Nyk note
    Nyk note says:

    Rasanya masih sah-sah saja mb saat skrg buat nentuin resolusi. Yg pnting sih komit sama konsisten kali yaa… Sdh ada niat, usaha dan berdoa…smg lancar…

    Reply
  15. garndys.mawarni
    garndys.mawarni says:

    keren banget story untuk mencapai semua resolusi nya apalagi dalam bentuk visual, aku belum bergerak-gerak nih kalo bikin visualisasi. Mungkin bisa dicontoh hehe

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply