Pap Smear, Upaya Deteksi Kanker Serviks Sejak Dini

pap smear
Kanker serviks adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam leher rahim (serviks), dan dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Lakukan pencegahan dengan deteksi dini melalui pap smear.

Apakah Pap Smear itu?

Pap Smear adalah pemeriksaan untuk melihat adanya perubahan bentuk dan fungsi sel-sel serviks apakah normal atau tidak.  Bahan pemeriksaan untuk Pap Smear berupa lendir yang diambil melalui liang vagina kemudian dioleskan pada kaca obyek untuk diperiksa di bawah mikroskop, dan diamati oleh seorang ahli sitologi.

Seperti kita tahu, saat ini kanker serviks telah menjadi momok  bagi wanita di seluruh dunia, hingga mendapat gelar sebagai penyakit pembunuh wanita nomor satu. Dan kabar buruknya, Indonesia menjadi negara dengan penderita kanker serviks tertinggi di dunia. Hiks…

Melihat hal ini, pemerintah berusaha melakukan upaya pencegahan dan pengendalian bersama-sama. Program deteksi dini kanker leher rahim dan juga payudara tengah dikembangkan oleh pemerintah secara berkelanjutan. Pogram ini telah dilaksanakan di seluruh Puskesmas di provinsi-provinsi Indonesia, pada 380 kabupaten/kota, termasuk pelayanan rujukan di rumah sakit kabupaten/kota hingga rujukan nasional.

papsmear

Mengenal Kanker Serviks

Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam leher rahim (serviks). Pada umumnya penyakit kanker serviks terjadi disebabkan oleh infeksi HPV (Human Papilloma Virus) yang penularannya sebagian besar terjadi melalui hubungan seksual.

Siapa saja yang berisiko terkena kanker serviks?

Semua wanita. Ya, semua wanita berisiko terkena kanker serviks. Namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker serviks, yaitu:

  • Melakukan aktivitas seksual pada usia dini (kurang dari 18 tahun ).
  • Berganti-ganti pasangan seks.
  • Berhubungan seksual dengan seseorang yang pernah memiliki banyak pasangan.
  • Merokok.
    Karena kandungan racun di dalam rokok dapat merusak DNA pada sel jaringan serviks dan melemahkan sistem kekebalan tubuh dalam menangkal infeksi virus HPV.
  • Penggunaan pil KB dalam jangka waktu lama (lebih dari lima tahun).
  • Kurangnya konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Faktor genetik.
    Sama seperti halnya kanker payudara, riwayat keluarga seorang wanita yang memiliki ibu atau saudara perempuan yang pernah terkena kanker serviks, memiliki risiko lebih tinggi.
  • Sering melahirkan.
    Semakin seringnya seorang wanita melahirkan anak, maka risiko mengidap kanker serviks semakin tinggi.
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah.

kenali gejala kanker serviks

Apa saja gejala kanker serviks yang perlu diwaspadai?

Kanker serviks akibat infeksi HPV (Human Pavilloma Virus) tidak menimbulkan gejala di awal, sehingga banyak yang tidak menyadarinya. Padahal jika terdeteksi sejak awal dan segera dilakukan pengobatan, kanker serviks dapat disembuhkan. Biasanya beberapa gejala baru akan timbul setelah keganasan menyebar. Berikut gejala kanker serviks yang harus diwaspadai:

  • Keluar cairan abnormal dari vagina (seperti keputihan yang berbau).
  • Keluarnya darah dari dalam vagina di luar menstruasi.
  • Nyeri saat berhubungan seks.
  • Bercak setelah berhubungan seks atau berolahraga.
  • Menstruasi berlangsung lebih lama daripada biasanya.
  • Volume darah yang keluar saat menstruasi lebih banyak daripada biasanya.
  • Pendarahan setelah menopause.
  • Nyeri pinggul.
  • Nyeri pada perut bawah atau pelvis
  • Penurunan berat badan tanpa sebab yang pasti.
  • Mudah merasa lelah.
Ayo Deteksi Dini untuk Cegah Kanker Serviks

Kanker serviks dapat dicegah dengan menghindari hal-hal yang dapat meningkatkan risiko seperti yang telah dibahas sebelumnya. Menjalani gaya hidup sehat adalah langkah awal untuk memiliki kesehatan yang optimal.

vaksin HPV
Vaksin HPV

Saat ini Vaksinasi HPV adalah salah satu tindakan pencegahan yang disarankan untuk melindungi wanita dari kanker serviks. Namun vaksin ini akan lebih efektif jika diberikan kepada mereka yang belum aktif secara seksual. Vaksin HPV ditujukan untuk mengurangi risiko kanker serviks, dan bukan sebagai upaya pengobatan.

Pap smear secara rutin untuk deteksi dini tetap disarankan. Pap smear menjadi penting, karena kanker serviks yang terdeteksi sejak awal memiliki peluang kesembuhan yang masih tinggi, bahkan hingga 100%.

Sebagai bentuk dukungan akan upaya pemerintah dalam pencegahan dan pengendalian kanker serviks, Prodia bekerjasama dengan BPJS Kesehatan mengadakan program pemeriksaan Pap Smear gratis untuk peserta aktif BPJS Kesehatan sejak April hingga November 2017. Ini menjadi bukti nyata kepedulian Prodia sebagai pelopor klinik laboratorium di Indonesia akan kesehatan kaum wanita.

Bagi seluruh wanita yang pernah melakukan hubungan seksual sangat di anjurkan untuk melakukan skrining secara rutin.

Bagi teman-teman peserta BPJS aktif yang ingin mengikuti program pap smear gratis, anda hanya perlu membawa KTP dan Kartu Peserta BPJS saja saat hendak melakukan pemeriksaan.

Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan teman-teman simak di sini.

pap smear gratis prodia
Program Papp Smear gratis Prodia dan BPJS

Peran wanita dalam keluarga begitu besar, mengingat saat dia telah menyandang status sebagai seorang ibu, banyak peran yang yang harus dijalaninya, sebagai seorang manajer, akunting, pendidik, motivator, chef, perawat, dan menjadi apapun yang dibutuhkan suami serta anak-anaknya.

Kepiawaian seorang ibu dalam mengemban berbagai peran yang disandangnya, akan turut menentukan kualitas generasi penerus bangsa di masa yang akan datang, yang tentu saja akan berpengaruh besar pada kemajuan bangsa itu sendiri.

Beragam peran yang harus diemban, menuntut seorang ibu untuk memiliki kemampuan multitasking, dan semua itu dapat berjalan dengan baik  jika si ibu memiliki kesehatan fisik dan mental yang prima, karena kedua hal ini akan saling mempengaruhi.

Melihat begitu besarnya peran wanita, bukan saja kaum ibu, namun juga para calon ibu, maka penting untuk memberikan perhatian khusus pada kaum perempuan dalam hal kesehatannya, seperti sebuah pepatah dalam bahasa latin yang sudah sangat akrab di telinga kita, yaitu “Mens sana in corpore sano” yang kurang lebih memiliki arti “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat pula.”

 

program prodia

Prodia sebagai salah satu klinik laboratorium terbesar dan tertua di Indonesia, yang didirikan sejak tahun 1973, mewujudkan bentuk perhatian serta kepeduliannya kepada kaum wanita dalam berbagai program, yang salah satunya adalah dengan pendirian Prodia Women’s Health Centre (PWHC). 

Prodia Women’s Health Centre (PWHC) adalah sebuah klinik layanan kesehatan yang beralamat di Jl. Wolter Monginsidi No. 77, Kebayoran Baru, Jakarta, yang dikhususkan untuk perempuan. Desainnya khusus dibuat dengan sentuhan wanita yang lembut, feminim, dan homey. PWHC juga didukung oleh banyak tenaga ahli dengan fasilitas layanan lengkap, serta perlengkapan teknologi diagnostik canggih terbaru sebagai upaya pencegahan dini maupun pencegahan lanjutan atas keluhan kesehatan pasiennya.

peresmian Prodia Women's Health Centre
Peresmian Prodia Women’s Health Centre

Jadi untuk teman-teman yang berdomisili di Jakarta, jangan ragu memilih PWHC sebagai tempat untuk mendapatkan layanan kesehatan terbaikmu.

Ya, semua ini semata-mata sebagai persembahan cinta dari Prodia bagi kaum wanita yang sangat istimewa. Tentu saja, karena wanita begitu berharga. Semoga, dalam waktu dekat PWHC akan berdiri juga di kota-kota lainnya untuk memberikan layanan kesehatan terbaik bagi seluruh perempuan Indonesia.

Perempuan sehat, perempuan hebat. Mari tingkatkan kesadaran diri dan lingkungan untuk menjalankan gaya hidup sehat, serta upaya pencegahan dari risiko penyakit-penyakit yang dapat mengganggu kualitas hidup diri kita dan keluarga.

4 comments
  1. Aku sudah tiap tahun pap smear, Mbak..karena sudah empat puluh lebih. Jadi ini memang penting sekali, bukankah mencegah lebih baik dari mengobati..
    Senang sekali Prodia punya fasilitas seperti ini, apalagi bisa ditanggungkan ke BPJS biayanya..Semoga membawa perempuan Indonesia jadi makin sehat dan hebat:)

    1. Wah… ternyata Mas Ian pernah kerja di rumkit? seru nih, seniman kerja di dunia medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
writer's block
Read More

Ketika Writer’s Block Menyapa

Berkali-kali didekap writer's block, membaca memang menjadi salah satu obat yang cukup mujarab. Banyak pilihan untuk menjadi bahan bacaan, bisa dengan blog walking, membaca buku, atau membaca timeline media sosial.
solusi anyang-anyangan
Read More

Anyang-anyangan Musuh Bebuyutan Prive Uri-Cran

Prive Uri-Cran adalah suplemen alami yang terbuat dari ekstrak buah cranberry. Dimana khasiat buah cranberry yang kaya serat, mineral, vitamin C yang tinggi, dipercaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan, juga untuk mencegah penyakit kanker dan jantung. Kandungan antioksidan proanthocyanidin pada buah cranberry juga sangat efektif untuk mencegah dan mengusir bakteri E.Coli penyebab anyang-anyangan