prospek pekerjaan it

Dapat dikatakan bahwa di era digitalisasi seperti saat ini, teknologi dan informatika merupakan makanan kita sehari-hari. Sebut saja seperti bekerja, belajar, hingga melakukan berbagai kegiatan sehari-hari, kita tidak bisa lepas dan dipisahkan dengan yang namanya teknologi. Bahkan mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa seluruhnya sudah menggunakan perangkat teknologi canggih guna mendukung dalam menjalankan aktivitas.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat banyak perusahaan membutuhkan orang-orang yang memiliki ilmu di bidang IT, yang menjadikan hal ini sebagai prospek pekerjaan IT bagi para lulusannya. Bahkan para lulusan jurusan IT ini pun memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk dapat masuk ke dalam perusahaan-perusahan besar kelas dunia seperti Google, Microsoft, dan Apple, yang tentunya dengan gaji bulanan yang tidak sedikit.

Jika saat ini kamu masih mengenyam pendidikan di jurusan IT dan tengah galau memilih jalan yang ingin kamu ambil setelah lulus nanti, mending simak saja ulasan berikut ini mengenai prospek pekerjaan jurusan IT dengan gaji fantastis.

Prospek Pekerjaan Jurusan IT

  1. Software Architech
    prospek pekerjaan it sebagai sofware engineer
    Serupa dengan pekerjaan arsitek bangunan, software architech juga bertugas dalam merancang, membuat model desain, serta mengawasi proyek yang tengah dilakukan. Hanya saja, bila arsitek banguan bertugas untuk merancang desain bangunan, maka software architech bertugas dalam merancang model desain perangkat lunak serta memilih standar pengkodean, alat dan platform.

    Selain itu, seorang software architech juga harus memberikan laporan kemajuan kepada manajemen senior serta memperbaiki kesahalan terhadap kode-kode. Bertanggung jawab untuk mengawasi pengujian perangkat lunak dan melacak metrik.Kemampuan yang tidak dimiliki oleh sembarang orang dengan gaji yang bahkan mencapai $116,267. Wow, sangat fantastis! Google merupakan salah satu perusahaan yang relah membayar tinggi untuk pekerjaan ini.

  2. Data Scientist
    data scientist menjadi prospek pekerjaan it
    Hampir seluruh perusahaan membutuhkan seseorang untuk menempati posisi sebagai data scientist. Penghasilan yang mencapai $109, 399, inti tugas dari seorang data scientist ialah menganalisa data. Mereka harus tertarik pada detail karena diharuskan untuk mengumpulkan dan membersihkan data digital yang kompleks seperti penggunaan statistis situs web. Banyak perusahaan yang membutuhkan keahlian ini karena mereka memiliki peran yang penting dalam proses pengambilan keputusan.
  3. Software Engineer
    software-engineer
    Selain data scientist, software engineer juga merupakan prospek pekerjaan IT yang cukup dicari oleh banyak perusahaan. Mereka bertanggung jawab dalam mengoptimalkan perangkat lunak yang harus memiliki pengetahuan dalam hal teknis, matematika dan sains. Seorang insinyur perangkat lunak juga harus mampu mengembangkan dan memelihara aplikasi sistem dan sistem itu sendiri. Dengan gaji rata-rata mencapai $98,304, banyak perusahaan teknologi yang rela membayar tinggi untuk pekerjaan ini, seperti Google, Apple, dan Yahoo!
  4. Mobile Apps Developer
    prospek pekerjaan it
    Mobile apps mungkin bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat masa kini. Seiring dengan perkembangan ponsel pintar yang semakin pesat, posisi mobile apps developer semakin dicari. Dibalik aplikasi mobile yang senantiasa membantu kita dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari ini, terdapat jasa tak terhingga dari seorang mobile apps developer. Gaji rata-rata untuk pekerjaan ini sekitar $96,133 dengan memiliki tanggung jawab yaitu mengembangkan aplikasi. Mereka juga harus memiliki pengetahuan yang dalam mengenai Android dan iOS serta bahasa pemrograman. Google dan Facebook merupakan beberapa perusahaan dengan bayaran tertinggi untuk seorang Mobile Apps Developer.
  5. Database Admin
    prospek pekerjaan it saat ini
    Gaji rata-rata seorang Database Administrator dapat mencapai $87,025. Tugas inti mereka ialah mengeola database perusahaan sekaligus mengidentifikasi kebutuhan pengguna. Mereka harus memiliki kemampuan dalam mengimplementasikan database, menjadwalkan, serta menjalankan pencadangan rutin dan memulihkan kembali data yang hilang, apabila ada. Microsft dan Epic System merupakan contoh perusahaan yang membayar tinggi untuk pekerjaan ini.

    Perlu diketahui bahwa pendapatan gaji para freshgraduate untuk lulusan IT memang tidak serta-merta langsung tinggi, namun jika kamu menekuni bidang yang tengah dijalani, tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari itu. Kesuksesan dalam bentuk apapun pastinya dimulai dari awal, begitu pula dalam hal merintis karir.

    Selain itu, jangan pula angka yang telah disebutkan diatas menjadi tolak ukur kamu dalam mencari pekerjaan di bidang IT, apalagi di Indonesia. Nah, jika kamu masih bingung memilih karir yang ingin dirintis, jangan putus asa dulu. Masih banyak lho prospek pekerjaan IT yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Penasaran apa sajakah itu? Yuk baca informasi lengkapnya di sini !

26 replies
  1. Nada AP
    Nada AP says:

    Emang nih teh sekarang lulusan IT tuh lg laris manis, karena mulai era digitalisasi kan, ditambah lg munculnya perusahaan unicorn tuh jd nyesel aku kuliah nya gak IT aja wkwk

    Reply
    • Ane Fariz
      Ane Fariz says:

      Gak ada kata terlambat buat belajar. Sok, ambil kulaih lagi jurusan IT Mbak. Hihi…

  2. Dea MS
    Dea MS says:

    Seakrang tuh pekerjaan IT emang udah dibutuhkan dimanapun, dan tempat mana sih yang sekarang ga butuh IT, pasti pada butuh yaa..

    Reply
    • Ane Fariz
      Ane Fariz says:

      Iya Mbak, sesuai perkembangan zaman saat ini yang serba digital, pastinya sangat dibutuhkan SDM dengan skill IT yang mumpuni.

  3. novyaekawati
    novyaekawati says:

    mantap ya teh. Suamiku juga lulusan IT, mo milih kerja di kantor atau dari rumah semua dapat dipilih dan dijalani dengan baik. Dan di era revolusi industri 4.0 sekarang makin laku lagi tuh IT, bukan begitu teh? hehehehe

    Reply
    • Ane Fariz
      Ane Fariz says:

      Jiwa pembelajar itu keren, dan Insyaallah akan mengantarkan pada impian.

  4. niaharyanto
    niaharyanto says:

    Iya ya, jadi IT itu memang dibutuhin semua perusahaan. Dengan gaji yang sangat fantastis. Tapinya tentu, tanggung jawabnya besar. Dan susah juga sih untuk bisa diterima dan masuk. Aku mah nyeraaah. :D

    Reply
    • Ane Fariz
      Ane Fariz says:

      Persaingan kian hari memang semakin berat ya, Mbak. Makin banyak orang nyebur ke bidang itu, karena memang mau nggak mau memiliki skill di bidang IT sudah wajib hukumnya.

  5. Juli Dwi Susanti
    Juli Dwi Susanti says:

    Aku membentuk ketiganya di lingkungan IT dari Abang sulung ilmu komunikasi di Telkom, Abang tengah di DKV multimedia Unindra, bungsu programmer di unindra mashaallah semoga

    Reply
  6. hani
    hani says:

    Walaupun IT sekarang sedang naik daun, dengan gaji fantastis. Tapi aku percaya sih, ilmu IT tetap membutuhkan ilmu-ilmu lain untuk saling sinergi. Kan engga semua orang juga tertarik dengan ke-IT-an…
    Tapi kita perlu melek digital juga sih. Kalo engga ya ketinggalan zaman

    Reply
  7. Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina says:

    Betul bangets infonya.
    Tetanggaku beda 2 rumah, seorang software engineer, kerjanya di perusahaan asing, seputar Asia. Jadi rolling kerjanya 2 bulan di Manila, 2 bulan di Singapura, 2 bulan di Hongkong…dst. Aku aja bengong lihatnya. Jadi di rumah Jakarta hanya untuk transit. Istrinya kadang ikut tinggal di luar, kadang tinggal di sini.
    Keren pokoknya pikirku, meski istrinya bilang capek karena nomaden

    Reply
  8. Dwi
    Dwi says:

    Wow, mobile apps developer kayanya sekarang lagi banyak dibutuhkan bgt ya. Secara apa2 hampir ada appsnya. Btw, coba harganya di kurs rupiahkan juga mba, biar bacanya langsung W.O.W…

    Reply
  9. Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro says:

    Dulu aku pernah ingin kuliah di jurusan management informatika. Tapi kemudian tidak diijinkan bapak karena aku memilih kuliahnya di jogja. Kejauhan dan sebagainya, dan sebagainya alasannya. Lalu kemudian aku malah kuliah di jurusan agroekoteknologi. Jauh banget ya.

    Anyway, IT memang banyak dibutuhkan. Perusahaan mana coba yang nggak butuh tenaga IT?

    Hehehe

    Reply
  10. Damar Aisyah
    Damar Aisyah says:

    Aku fokus sama angkanya, trus nyari kalkulator buat itung kurs-nya, wkwkwkwk #matre. Tapi memang profesi di bidang IT itu dibutuhkan banget sekarang. Apa-apa lho, sudah digital. Apa-apa aplikasi. Ya pantes aja kan.

    Reply
  11. Bety Kristianto
    Bety Kristianto says:

    Harus kuakui, gaji tim IT emang gede tapi apalah daya kutakbisa hahaha… otakku maunya mikir yang lain soalnya mba. Tapi kusuka liat temen IT yang pinter bener gitu deh.

    Reply
  12. yenny fajriyah
    yenny fajriyah says:

    dikiiittt banget tahu tentang jenis pekerjaan diri. tahunya dari novel pula. tapi akhirnya paham kenapa tokoh dalam novel tersebut hidupnya nggak jauh dari barang2 branded luar. lah gajinya aja segitu-gitu.

    Reply
  13. Tatiek Purwanti
    Tatiek Purwanti says:

    Jadi inget suami saya sendiri. Orang IT tapi dulu kuliahnya karena penasaran ingin menaklukkan, hehe. Sementara beliau itu lebih suka kerja lapangan bersama mesin-mesin dan memang itu passion-nya. Plus beliau punya passion di bidang pertanian. So, kerjaan dan passion
    misua saya tidak termasuk yg disebut Mbak Ane di atas ;) Gajinya? Ada deh, hehe

    Tapi emang bener, sih. Misua juga ngakuin jika ini era-nya orang IT. Jika bisa ahli dan fokus di bidang satu itu, satu sumber rezeki dari gaji melimpah pasti didapatkan. InsyaAllah

    Reply
  14. Yanti Ani
    Yanti Ani says:

    Dulu waktu kuliah sempat mau ambil jurusan IT, tapi gagal Karna suatu hal. Perkembangan teknologi memang memunculkan pekerjaan-pekerjaan baru

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply