Wisuda XIV STT Bandung

Wajah-wajah sumringah dalam balutan pakaian kebesaran para mahasiswa yang telah menyelesaikan perkuliahannya, toga, pagi itu, Sabtu, 11 Januari 2020 menyemarakkan suasana Haris Hotel and Conventions Hall di Festival City Link, Jl. Peta 241, Bandung. Ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) dengan didampingi orang tua, siap menjalani prosesi Wisuda XIV STT Bandung.

Penampilan apik yang dibawakan oleh Unit Seni Tari STT Bandung membuka acara dan menghibur para wisudawan serta tamu undangan. Kemudian lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan oleh Unit Paduan Suara STTB bersama-sama seluruh hadirin. Dilanjutkan dengan lagu mengheningkan cipta dan Mars STT Bandung yang dikumandangkan dengan penuh khidmat.

Ukm Tari Dan Padsu Sttb

Acara berikutnya adalah laporan dari Ketua STTB, Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T yang menyampaikan rasa syukur dan kebahagiaannya atas pencapaian kampus yang dipimpinnya, mulai dari kualitas tenaga pengajar hingga prestasi para mahasiswanya. Maka tak heran, jika dari tahun ke tahun jumlah peminat kampus ini terus meningkat. Bukan saja dari dalam negeri, namun tercatat sebagian mahasiswa yang menuntut ilmu di STTB pun berasal dari luar negeri.

Setelah laporan dari Pak Naseer, ketua yayasan, Bapak Dr. Dadang Hermawan turut memberikan sambutan.

Orasi Ilmiah oleh Dr. Ing Ilham Akbar Habibie, MBA

Kehadiran keynote speaker dalam Wisuda XIV STT Bandung XIV ini cukup menarik perhatian kami. Kerinduan akan sosok alm. BJ Habibie sedikit terobati dengan menyimak orasi ilmiah bertajuk Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0 dari putra sulungnya, Dr. Ing Ilham Akbar Habibie, MBA, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional (WANTIKNAS).

Keynote Speaker Wisuda Xiv Stt Bandung

Dalam orasinya, beliau menyampaikan bahwa ada 4 hal yang harus diperhatikan oleh negara manapun di dunia untuk mencapai potensi maksimal di masa depan, yaitu:

  1. Berinvestasi ke Human Capital
  2. Berinvestasi ke Ilmu Pengetahun & Teknologi (IPTEK)
  3. Membina dan mendukung Inovasi & Kewirausahaan
  4. Meminimalkan Kemiskinan

Poin pertama dan ke-dua adalah prasyarat untuk poin-3, ketiga hal ini akan kontribusi signifikan dan berkesinambungan untuk poin ke empat.

Beliau pun memaparkan bahwa ekonomi di masa mendatang akan dipengaruhi dan dibentuk oleh
teknologi, inovasi dan kewirausahaan yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan dan kebutuhan yang timbul dari lima megatrends, yaitu:

  1. Urbanisasi cepat
  2. Perubahan iklim dan kelangkaan sumber daya
  3. Pergeseran kekuatan ekonomi global
  4. Perubahan demografi dan sosial
  5. Geberakan teknologi

Dan inovasi adalah cara menjawab beberapa megatrends global yang mengubah dunia tersebut. Inovasi menyambungkan teknologi dan kewirausahaan melalui proses pengembangan produk/ jasa yang baru.

Ekonomi di masa mendatang harus mengandalkan pada inovasi untuk mempunyai daya saing tinggi. Dan untuk mencapai hal ini, masyarakat terutama berusia muda perlu aktif di UKM rintisan (Start-Up) diberdayakan dengan
Teknologi (Informasi & Komunikasi).

STT Bandung, dalam hal ini turut berkotribusi dengan melahirkan sumber daya manusia yang unggul pada bidang teknologi, sebagai cara menjawab tantangan era industri 4.0.

Haru dalam Kemeriahan Wisuda XIV STT Bandung 2020

Tibalah acara yang dinanti-nanti, dua ratus sembilan orang mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Bandung dari 3 jurusan resmi diwisuda.

  • Teknik Industri 113 orang wisudawan.
  • Teknik Informatika 70 orang wisudawan.
  • Desain Komunikasi Visual 26 orang wisudawan.

Wisudawan Dan Skripsi Terbaik Wisuda Stt Bandung 2020

Penghargaan pun diberikan kepada wisudawan terbaik dan para mahasiswa yang berhasil meraih predikat skripsi terbaik dalam Wisuda XIV STT Bandung ini.

Berikut nama-nama para mahasiswa yang mendapatkan penghargaan:

Skripsi Terbaik TI :
Mahasiswa: Virgiawan Candra Bhakti, S.T
Judul : Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed Dengan Pendekatan Karakuri

Mahasiswa : Indra Rukmana, S.T
Judul : Optimasi Produksi Dyeing Finishing dengan Metode Integer Linear Programming

Mahasiswa : Zaenal Uyun, S.T
Judul : Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis Untuk Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kansei Engineering

Wisudawan Terbaik TI
Mahasiswa : Dheyu Laksmi Wulandari, S.T

Skripsi Terbaik TIF :
Mahasiswa : DeriI Hermawan, S.KOM
Judul : Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasis Android

Mahasiswa : Regina Sukma Citra, S.KOM
Judul : Klasifikasi Ujaran Kebencian dengan Metode Naive Bayes Classification di Sosial Media Facebook Berbasis Web

Mahasiswa : Yasti Aisyah Primianjani, S.KOM
Judul : Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik KWH Meter Pascabayar Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroler

Wisudawan Terbaik TIF

Mahasiswa : Muhammad Rizal Mutaqin, S.KOM

Skripsi terbaik DKV
1. Andri Setiawan, S.Ds – Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah
2. Bagus Arya Suseno, S.Ds – Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung
3. Luthfi Alfaritzi, S.Ds – Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (usia 8-12 tahun) di Kota Bandung

Wisudawan Terbaik DKV
Tiffani Zeta D, S.ds

Kebahagiaan bukan hanya milik para wisudawan saja, aura bahagia pun terpancar dari wajah orang tua dan keluarga yang turut mendampingi saat itu. Tentunya keberhasilan para mahasiswa ini tak lepas dari peran dan dukungan orang tua selama putra putrinya tengah menempuh pendidikan di bangku kuliah.

Dukungan moril dan materil, serta do’a yang tak pernah luput dipanjatkan di antara setiap helaan nafas mereka bagi keberhasilan putra putri tercinta dalam meraih cita dan menata masa depannya.

Penandatanganan Mou Dengan Mitra Stt Bandung

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penandatanganan MoU antara STT Bandung dengan mitra turut mengisi acara rutin tahunan ini. Kali ini, kesepakatan kerjasama ditandatangani bersama PT. Dirgantara Indonesia, Jasa Marga, Pegadaian, dan Biofarma.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan pesan dari perwakilan wisudawan, dan pengucapan janji wisudawan.

Sebuah apresiasi untuk orang tua yang dikemas dalam pembacaan puisi dengan iringan lagu Cinta Untuk Mama dikumandangkan. Seketika suasana haru menyergap seisi ruang. Mata saya turut berembun, merasakan keharuan dalam balutan bahagia membayangkan suatu hari saya akan hadir dalam sebuah wisuda sebagai orang tua salah satu wisudawan.

Rangkaian acara wisuda pun ditutup dengan dikumandangkannya lagu Bagimu Negeri dan Syukur oleh Unit Paduan Suara STTB, pembacaan do’a, hiburan, dan acara ramah tamah sebagai pamungkasnya.

Tidak lupa, sebagai bukti eksistensi kami Pasukan Blogger Joeragan Artikel dalam acara bergengsi ini, satu dua jepretan is a must for us.

Pasukan Blogger Joeragan Artikel Di Wisuda STTB 2020

Selamat untuk seluruh wisudawan. Semoga dengan bekal ilmu yang dimiliki akan semakin memantapkan langkah dalam menata masa depan, serta menjadi wasilah menuju sebaik-baik manusia, yang dapat memberikan manfaat bagi sekitarnya. Aamiin

38 replies
  1. Taruih Baraja
    Taruih Baraja says:

    Selamat kepada para wisudawan/ti. Semoga menjadi generi penerus bangsa yang handal dalam menghadapi tantangan-tantangan bangsa ini (termasuk ngomong sama diri sendiri)

    Reply
  2. Haeriah Syamsuddin
    Haeriah Syamsuddin says:

    Senangnya melihat berita wisuda, itu artinya bertambah lagi kaum cendekiawan di negeri ini. Semoga ilmu yang mereka dapatkan selama di bangku perkuliahan dapat dimanfaatkan dengan baik.

    Reply
  3. Arif Rudiantoro
    Arif Rudiantoro says:

    Hal yg senang dan menjadi kebanggan, ketika kita yudisium dan selanjutnya make toga untuk wisuda, karena susah payah, kerja keras ahirnya terbayar dan bisa lulus kuliah,

    Tinggalah saatnya masuk ke tahap yg nyata yaitu mencari kerja :)

    Selamat ya Sob semoga ilmunya bermanfaat :)

    Reply
  4. Steffi Budi Fauziah
    Steffi Budi Fauziah says:

    wah senang ya mba bisa jadi salah satu blogger yang ikutan liputan wisuda di STT Bandung, pasti ikutan haru, saya pun hihi. inget-inget dulu masa wisuda, ikutan haru heuheuheu ~

    Reply
  5. Shyntako
    Shyntako says:

    Keren mba bisa menghadirkan keynote speaker berkualitas seperti beliau. Jadi inget momen wisudaku jaman dulu, rasanya bangga dan seneng ya mba sudah berhasil menyelesaikan masa studi kita.

    Reply
  6. Asih
    Asih says:

    Alhamdulillah, senangnya melihat para wisudawan yang ceria dan bahagia atas kelulusan mereka. Semoga ilmu yang telah diraihnya bermanfaat dan selanjutnya melangkah untuk mengabdikan ilmu tersebut.

    Reply
  7. Dea MS
    Dea MS says:

    Waaah ada anaknya Pak Habibie, mirip banget yaa sama Bapaknya…Seneng deh kalo ada acara wisuda gitu, jadi inget dulu pas wisuda..

    Reply
  8. Grandys
    Grandys says:

    Kehadirannya Dr Ing Ilham Akbar yaitu putra sulungnya almarhum eyang Habibi, jadi warna tersendiri ya. Dilihat dari apa yg beliau sampaikan mengenai pola ekonomi d masa mendatang, sebagai bahan dan point penting bagi pergerakan anak-anaknmilenial nih

    Reply
  9. Yayah Rochayah
    Yayah Rochayah says:

    Alhamdulillah, wisuda kampus pun sekarang mengundang blogger untuk meliput ya. Semoga tambah besar peluang untuk blogger ke depannya.aamiin.

    Reply
  10. Susana Devi Anggasari
    Susana Devi Anggasari says:

    Wisuda adalah babak baru perjalanan. Perjalanan sesungguhnya baru dimulai. Semoga Indonesia memiliki lulusan-lulusan terbaik, yang bukan hanya pandai dalam pengetahuan tapi juga keterampilan dan yang terpenting karakter.

    Reply
  11. Susana Devi Anggasari
    Susana Devi Anggasari says:

    Wisuda adalah babak baru dalam kehidupan. Saat perjalanan benar-benar baru dimulai.

    Semoga Indonesia memiliki lulusan terbaik, buka hanya yang pandai secara akademis, tetapi juga secara moral-spiritual

    Reply
  12. Sapti nurul hidayati
    Sapti nurul hidayati says:

    Wisuda memang selalu menjadi moment yang mengharukan. Tidak hanya bagi wisudawannya tapi juga bagi kedua orang tua dan orang-orang tercinta. Saat dimana anak dan orang tua sama-sama merasa telah menyelesaikan apa yang menjadi tugasnya. Dan seperti moment awal untuk melangkah ke tahap berikutnya.

    Reply
  13. Ludyah Annisah
    Ludyah Annisah says:

    Wuihh, menginspirasi banget acara wisudanya mba. Apalagi keynote speakernya pun enggak kalah menginspirasi juga. Semoga ilmu yang dibagikan bermanfaat yaa…

    Reply
  14. Ludyah Annisah
    Ludyah Annisah says:

    Keynote speakernya menginspirasi banget mbaa. Begitupun juga dengan wisudawan/watinya yang juga inspiratif. Semoga ilmu yang mereka dapatkan bisa bermanfaat yaa.

    Reply
  15. Miyosi
    Miyosi says:

    Jadi ingat wisuda 12 th yg lalu wkkk
    Ya Allah keren bgt keynote speakernyaa
    Selamat bwt adek2 yg udah diwisuda ya
    Smoga berkahh

    Reply
  16. Sintha novia putri
    Sintha novia putri says:

    Masyaallah keren bgt STTB, selain menciptakan lulusan2 terbaik tapi juga menghadirkan keynote speaker yg keren dan menginspirasi

    Reply
  17. Irra
    Irra says:

    STTB ini kampusnya deket rumah aku, masih inget banget perkembangan dari pas mahasiswanya sedikit sampai sekarang udah banyak banget. Gak kerasa udah wisuda yang ke 14 lagi. Sukses terus buat para wisudawan/i.

    Reply
  18. Hastin Pratiwi
    Hastin Pratiwi says:

    Ini baru tahu klo gelar jurusan Teknik Informatika S.Kom. Sarjana Komputer ya mbak? Soalnya ada juga gelar S.Kom yg artinya Sarjana Komunikasi.

    Gak salah klo keynote speakernya putra Pak Habibie, secara MoU-nya juga melibatkan PT. Dirgantara Indonesia. Keren…

    Reply
  19. Yesi
    Yesi says:

    Teh ane makasih udah sharing seneng banget bisa baca wejangan Dr Ilham Habibie lewat blog teteh. Selamat wisuda juga untuk para wisudawan ya :)

    Reply
  20. Grandys
    Grandys says:

    Kehadiran putra sulung nya almarhum eyang Habibi, nambah ilmu banget mengenai kemajuan industri dan bagaimana para anak muda menyikapinya

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply