Yoghurt Cisangkuy Menyimpan Nostalgia Lima Dasawarsa

Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy, salah satu tempat mangkal favorit remaja era 90an di Bandung. Tentang awal berdirinya cafe ini saya belum pasti, karena dari beberapa info yang saya dapat berbeda-beda. Menurut Kakak senior yang gahol sejak anak-anak hingga jadi emak, cafe ini berdiri sejak 1972. Namun informasi lain pada sebuah artikel di Pikiran Rakyat menyebutkan cafe ini berdiri sejak 1969. Tapi karena pada masa 70-80an saya masih piyik, yang jajannya cuma di warung deket rumah, jadi saya nggak bisa cerita tentang cafe ini pada era 70-80an.

Yoghurt Cisangkuy Menyimpan Banyak Cerita

Pengalaman sebagai orang Bandung yang lagi lucu-lucunya di era 90an (siap nangkis panci-panci yang melayang. wkwkwkwk), cafe ini kerap menjadi tempat kami hang out melepas penat sepulang sekolah, atau les. Tempat ini juga sering menjadi pilihan untuk merayakan ulang tahun, curhatan, atau buat yang lagi pedekate. Hihihi…

Remaja 90an Di Yoghurt Cisangkuy
Hang out sepulang sekolah di tempat favorit

Dulu cafe belum kenal wifi, kenyamanan tempat, menu memikat, dan harga terjangkau adalah daya tarik tersendiri khususnya bagi para remaja yang masih mengandalkan uang saku dari ortu. Dengan alasan itu pulalah tempat ini menjadi salah satu favorit remaja Bandung pada masa itu.

Kemarin saya kembali ke tempat ini, ketemuan dengan tablemate saat kami masih dalam balutan seragam putih biru. Untuk kesekian kalinya kami pilih Yoghurt Cisangkuy sebagai tempat bertemu. Suasana cafe masih sepi pengunjung, karena memang waktu masih menunjukan sekitar pukul 10.00, di hari Senin pulak. Nuansa cafe yang tidak banyak berubah, selalu berhasil mengembalikan kepingan-kepingan cerita lama yang menghantarkan kami pada sebuah nostalgia. Keseruan masa remaja yang penuh warna, dihiasi ragam emosi dalam proses pencarian jati diri.

Yoghurt Cisangkuy Bandung
Meja yang dikelilingi kursi plastik merah itu adalah spot foto kami pada foto di atas
Tablemate
Pojok favorit saat ini adalah yang dekat colokan

Sesuai dengan nama tempatnya, tentu saja yoghurt menjadi icon tempat ini. Cita rasa yoghurtnya yang istimewa, menawarkan banyak pilihan rasa.  Mulai dari rasa strawberry, blackberry, lychee, anggur, nanas, tomat, coklat, mocca, vanilla, sampai tape ketan pun ada. Tapi pilihan saya setiap kali mampir ke sini sih nggak jauh-jauh dari empat rasa ini; strawberry, grape, lychee, atau blackberry.

Teman-teman juga bisa pilih untuk jenis yoghurtnya mau yang juice atau yang kental. Harga per gelasnya dibanderol antara Rp. 30.000,- sampai Rp. 35.000,- saja. Oh iya, ada juga special yoghurt dengan butiran/ potongan buah di dalamnya.

Tapi buat teman-teman yang kurang suka dengan yoghurt nggak usah khawatir, karena tempat ini juga menawarkan pilihan minuman lainnya. Mulai dari fresh milk, milk shake, juice, bandrek, bajigur, sampai teh botol atau teh tawar pun ada. Untuk menu makananan, tersedia makanan berat dan ringan. Daftar menu lengkapnya, ada pada foto di bawah ini.

Menu Yoghurt Cisangkuy
Pilihan minuman dan makanan di Yoghurt Cisangkuy
Yoghurt Cisangkuy Grape
Menu nostalgia, grape yoghurt dan kentang goreng sosis

Dan pilihan kami kemarin jatuh pada grape yoghurt juice dengan kentang goreng sosis sebagai ganjal perutnya. Ini memang menu yang paling sering kami pesan waktu dulu.

Sexy dengan Suasana Homey yang Adem

Suasana adem dan homey masih menjadi daya tarik tempat ini sejak dulu. Tidak banyak yang berubah dalam waktu sekian dasawarsa, hanya saja penataan tanaman yang lebih cantik dan rapi, serta tambahan aksen seperti lampion di depan garasi memberikan sentuhan lebih segar bagi tempat ini. Suasana homey membuat pengunjung betah berlama-lama nongki di sini. So, meski cafe kekinian terus menjamur dengan bermacam menu, fasilitas, dan pesonanya, namun tempat ini buat saya tetap istimewa.

Yoghurt Bandung
Suasana asri menyambut pengunjung Yoghurt Cisangkuy

Bertahannya cafe ini sebagai salah satu tempat nongkrong favorit hingga lima dasawarsa, menjadi bukti kalau tempat ini memang tetap sexy dengan caranya sendiri.

Buat teman-teman di luar Bandung atau angkatan millenial yang belum pernah mampir ke sini, yuk cobain deh kapan-kapan refreshingnya ke Yoghurt Cisangkuy, ditemani kesegaran yoghurt dalam suasananya yang asri, Insyaallah bisa bikin kamu fresh kembali.

Letaknya di Jl. Cisangkuy No. 66, Bandung, tepat di depan Taman Lansia.

Plang Yocis Bandung
Plang yang sudah memudar tidak menyurutkan minat pengunjung untuk datang

39
Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Dian Restu Agustina
Guest

Mbak, awet juga ya Yoghury Cisangkuy..dari awal 70 an berarti atau akhir 60 an. Wow!
Dan kebayang saat itu remaja 90an hang out bareng temen-temennya..
Bahkan menu dan tempatnya kurang lebihnya tetap terjaga ya..Keren nih

Dian Restu Agustina (@dianrestoe)
Guest

Selain tempatnya yang awet , yang berkunjung juga awet muda tuh…dari putih abu-abu sampai ada 2 perempuan cantik yang berkunjung lagi setelah sekian tahun berlalu di foto itu..Teteup muda dan cantiknya:)

Wiwid Vidiannarti
Guest

Aku pikir itu tadi nama menu, Teh, yogurt cinsangkuy hihihi nggak taunya nama cafe. Nanti kalo aku dolan ke Bandung, ajakin mampir yaaaa

Titik Wihayanti
Guest

Teh anne, aku lama tinggal di bandung dan selalu penasaran kenapa tempat ini terkenal di kalangan pendatang sepertiku. Ternyata sisi nostalgianya ya. Baru tau kalau cafe ini sudah berdiri sejak puluhan tahun silam.

Bety Kristianto
Guest

Dulu pas masi di Bandung beberapa kali diajakin temen ke sini tapi belom sempet aja. Nyesel euy sekarang baca artikel ini jadi mupeng tapi udah jauuh ajjjaa huhuhu.

Nonz ati
Guest
Nonz ati

Legend banget ya, Teh. Pas dateng lagi pasti langsung banyak memori yang muncul. Eaaaa😍

Eni Rahayu
Guest

bayangin minum yogurt dengan potongan buah di dalamnya, hhmm… yummi banget.Pengen coba aaaah. Trus di foto itu teh Anne yang mana?

peralatanbakery
Guest

wah pengen coba menu special yogurt juice, kedengarannya enak :D

Mega Marlina
Guest
Mega Marlina

Wah … Saya paling suka yogurt. Kapan2 semoga bisa mampir ke sini, suka tempat2 yang bernuansa jadul namun tak lekang oleh waktu :)

Dawiah
Guest

Awalnya saya tidak suka yoghurt, tetapi saat saya tahu kalau yoghurt berkhasiat melangsingkan tubuh, maka bela-belain minum, hehehe… ternyata enak. Nah, ke Bandung nanti wajib ke cafe nih, menikmati yoghurt

Denik
Guest
Denik

Wah, jadi kangen ke sini lagi. Makin bagus tempatnya. Dulu harganya masih setengahnya. Secara puluhan tahun yang lalu ke sananya… hehehe

vidyagatari
Guest

waaa kakak penulisny masih awet imut jg setelah lima dasawarsa. hehe 😉 terima kasih ulasanny kak

Taruih Baraja
Guest

Wah, tempatnya berumur panjang ya Bu… Hmmm apakah Yogurt Cisangkuy ini hanya ada di Bandung atau sudah membuka cabang? Oh ya, apakah Bu Ane sudah mencoba sekian banyak menu di sana? Bikin ulasan tiap menu kayaknya seru Bu, hehe

Lia Yuliani
Guest

Tempat ini juga jadi favorit saya. Teh Ane orang Bandung, kah? Saya cari temen yang di Bandung, hehe … Bener banget kalau ke Cisangkuy, harus coba yoghurt ini. Banyak pilihan rasa, saya tetep setia sama yoghurt rasa strawberry.

Ranti
Guest

Yampun mba, aku jadi kangen Banduuuung. Baca ini bawaannya jadi homey gituu, jadi ikut-ikutan nostalgia hehe. Walaupun bukan asli Bandung juga sih, sempet kuliah aja di sana. Tapi Bandung selalu jadi rumah buat aku.

Tapi sedih banget ternyata aku belum pernah nyobain ke Yoghurt Cisangkuy. Lokasi mobilisasi dulu nggak di sekitaran taman lansia hehe. But you do truly convince me to have a visit someday kalau lagi di Bandung.

Alia Arifin
Guest

Bagus banget view cafe nya,, cocok buat acara reuni or kumpil keluarga,, harganya juga oke… Boleh nih mampir ke sana klo liburan

Puji Wahyu Widayati
Guest

wah tempatnya cantik ya Mbak, menu yoghurtnya juga banyak, sayang jauh dari rumah saya wkwkwkwk tapi tetap berharap bisa main kesini.

Damar Aisyah
Guest

Tiap ke Bandung pasti mampir Cisangkuy.Hambok antri ya dijabanin, lha udah kadung suka. Makanan lainnya ya enyak, pokok siap2 naik BB kalau pulang ke Jakarta

Lelly
Guest
Lelly

Yoghurtnya menggoda iman. Jadi pingin. Tempatnya asyik juga, legend pula. Kan jadi penasaran pingin ke sana langsung.

irenafaisal
Guest
irenafaisal

Wuiih yoghurt legend ini mah, dekat rumahku ada resto Yoghurt Cisangkuy cabang dari Bandung. Tapi sayangnya sekarang sudah tutup. Jadi kangen yoghurt Cisangkuy ini deh :(

You May Also Like