Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy, salah satu tempat mangkal favorit remaja era 90an di Bandung. Tentang awal berdirinya cafe ini saya belum pasti, karena dari beberapa info yang saya dapat berbeda-beda. Menurut Kakak senior yang gahol sejak anak-anak hingga jadi emak, cafe ini berdiri sejak 1972. Namun informasi lain pada sebuah artikel di Pikiran Rakyat menyebutkan cafe ini berdiri sejak 1969. Tapi karena pada masa 70-80an saya masih piyik, yang jajannya cuma di warung deket rumah, jadi saya nggak bisa cerita tentang cafe ini pada era 70-80an.

Yoghurt Cisangkuy Menyimpan Banyak Cerita

Pengalaman sebagai orang Bandung yang lagi lucu-lucunya di era 90an (siap nangkis panci-panci yang melayang. wkwkwkwk), cafe ini kerap menjadi tempat kami hang out melepas penat sepulang sekolah, atau les. Tempat ini juga sering menjadi pilihan untuk merayakan ulang tahun, curhatan, atau buat yang lagi pedekate. Hihihi…

Remaja 90an Di Yoghurt Cisangkuy

Hang out sepulang sekolah di tempat favorit

Dulu cafe belum kenal wifi, kenyamanan tempat, menu memikat, dan harga terjangkau adalah daya tarik tersendiri khususnya bagi para remaja yang masih mengandalkan uang saku dari ortu. Dengan alasan itu pulalah tempat ini menjadi salah satu favorit remaja Bandung pada masa itu.

Kemarin saya kembali ke tempat ini, ketemuan dengan tablemate saat kami masih dalam balutan seragam putih biru. Untuk kesekian kalinya kami pilih Yoghurt Cisangkuy sebagai tempat bertemu. Suasana cafe masih sepi pengunjung, karena memang waktu masih menunjukan sekitar pukul 10.00, di hari Senin pulak. Nuansa cafe yang tidak banyak berubah, selalu berhasil mengembalikan kepingan-kepingan cerita lama yang menghantarkan kami pada sebuah nostalgia. Keseruan masa remaja yang penuh warna, dihiasi ragam emosi dalam proses pencarian jati diri.

Yoghurt Cisangkuy Bandung

Meja yang dikelilingi kursi plastik merah itu adalah spot foto kami pada foto di atas

Tablemate

Pojok favorit saat ini adalah yang dekat colokan

Sesuai dengan nama tempatnya, tentu saja yoghurt menjadi icon tempat ini. Cita rasa yoghurtnya yang istimewa, menawarkan banyak pilihan rasa.  Mulai dari rasa strawberry, blackberry, lychee, anggur, nanas, tomat, coklat, mocca, vanilla, sampai tape ketan pun ada. Tapi pilihan saya setiap kali mampir ke sini sih nggak jauh-jauh dari empat rasa ini; strawberry, grape, lychee, atau blackberry.

Teman-teman juga bisa pilih untuk jenis yoghurtnya mau yang juice atau yang kental. Harga per gelasnya dibanderol antara Rp. 30.000,- sampai Rp. 35.000,- saja. Oh iya, ada juga special yoghurt dengan butiran/ potongan buah di dalamnya.

Tapi buat teman-teman yang kurang suka dengan yoghurt nggak usah khawatir, karena tempat ini juga menawarkan pilihan minuman lainnya. Mulai dari fresh milk, milk shake, juice, bandrek, bajigur, sampai teh botol atau teh tawar pun ada. Untuk menu makananan, tersedia makanan berat dan ringan. Daftar menu lengkapnya, ada pada foto di bawah ini.

Menu Yoghurt Cisangkuy

Pilihan minuman dan makanan di Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy Grape

Menu nostalgia, grape yoghurt dan kentang goreng sosis

Dan pilihan kami kemarin jatuh pada grape yoghurt juice dengan kentang goreng sosis sebagai ganjal perutnya. Ini memang menu yang paling sering kami pesan waktu dulu.

Sexy dengan Suasana Homey yang Adem

Suasana adem dan homey masih menjadi daya tarik tempat ini sejak dulu. Tidak banyak yang berubah dalam waktu sekian dasawarsa, hanya saja penataan tanaman yang lebih cantik dan rapi, serta tambahan aksen seperti lampion di depan garasi memberikan sentuhan lebih segar bagi tempat ini. Suasana homey membuat pengunjung betah berlama-lama nongki di sini. So, meski cafe kekinian terus menjamur dengan bermacam menu, fasilitas, dan pesonanya, namun tempat ini buat saya tetap istimewa.

Yoghurt Bandung

Suasana asri menyambut pengunjung Yoghurt Cisangkuy

Bertahannya cafe ini sebagai salah satu tempat nongkrong favorit hingga lima dasawarsa, menjadi bukti kalau tempat ini memang tetap sexy dengan caranya sendiri.

Buat teman-teman di luar Bandung atau angkatan millenial yang belum pernah mampir ke sini, yuk cobain deh kapan-kapan refreshingnya ke Yoghurt Cisangkuy, ditemani kesegaran yoghurt dalam suasananya yang asri, Insyaallah bisa bikin kamu fresh kembali.

Letaknya di Jl. Cisangkuy No. 66, Bandung, tepat di depan Taman Lansia.

Plang Yocis Bandung

Plang yang sudah memudar tidak menyurutkan minat pengunjung untuk datang

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply